Resensi Buku: Inspirasi Seputar Kehidupan

kover-momen inspirasiInspirasi Seputar Kehidupan

Judul: Momen Inspirasi: Renung Ringan Seputar Kehidupan

Penulis: Alex Japalatu

Penerbit: Inspirasi

Tahun Terbit: 2012

ISBN: 978-602-7737-03-7

 

Ada banyak cara bagi kita untuk mendapatkan inspirasi. Membaca buku dan menonton film adalah dua cara yang bisa membuat kita mendapatkan inspirasi. Namun tentu saja, inspirasi itu bukan pemaksaan. Inspirasi yang kita dapatkan dari suatu buku yang kita baca, belum tentu didapatkan oleh orang lain. Demikian halnya dengan tontonan film, jika bagi kita film itu tidak memberikan inspirasi, mungkin bagi orang lain film tersebut dapat memberi inspirasi.

Dari hal yang sederhana kita bisa mendapatkan inspirasi. Inspirasi yang diperoleh itu bisa kita olah kembali menjadi sebuah ide besar yang luar biasa manfaatnya. Namun kadang kala, kita tidak menyadari bahwa peristiwa yang baru saja kita alami, belum lama kita alami itu telah menginspirasi hidup kita.

Buku Momen Inspirasi: Renung Ringan Seputar Kehidupan yang disusun oleh Alex Japalatu merupakan buku kedua penulis setelah buku “Kumpulan Eksklusif Momen Inspirasi” yang ditulis dengan beberapa penulis lain. Buku Momen Inspirasi berisi kumpulan cerita renungan yang dapat menginspirasi pada pembacanya. Setiap renungan dalam buku ini diangkat peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam masyarakat sesuai dengan pengamatan penulis. Dari peristiwa itu si penulis menjabarkan nilai-nilai yang dapat diambil oleh pembaca setelah membaca pengamatan penulis. Nilai-nilai itulah yang nanti mampu menginspirasi siapa saja yang membaca buku Momen Inspirasi ini.

Kita tentu ingat cerita tentang anjing setia bernama Hachiko. Kisah Hachiko ini menginspirasi orang tentang arti kesetiaan. Hachiko begitu setia menunggu tuannya yang tak kunjung datang. Kisah Hachiko ini juga menjadi inspirasi film. Dalam buku ini penulis juga mengambil inspirasi dari kisah Hachiko sebagai contoh kesetiaan yang luar biasa.

Inspirasi tentang kesetiaan dapat diperoleh dari berbagai pengamatan atau pengalaman. Tidak hanya nilai kesetiaan yang dapat kita petik dari pengamatan tersebut. Nilai lain yang dapat kita peroleh, misalnya kedamaian, harapan, sikap, dan sebagainya. Nilai-nilai itu dapat kita petik langsung dari buku ini.

Dengan mudah pembaca dapat mengambil inspirasi  dalam buku ini karena penulis menjabarkan nilai-nilai itu dalam lima momen. Lima momen yang dijabarkan penulis dalam buku ini, yaitu kesetiaan, sikap dan teladan, semangat dan antusiasme, kedamaian dan bersyukur, dan harapan.

Setiap momen dijabarkan lagi menjadi tema-tema kisah yang lebih khusus. Dengan begitu pembaca dapat langsung memilih kisah mana yang menarik untuk dibaca dan menginspirasi baginya.

Setiap kisah yang diangkat dalam renungan inspirasinya, bukan peristiwa yang luar biasa atau menggemparkan. Kisah-kisah diangkat dari hal-hal yang sederhana. Namun ternyata dari hal yang sederhana itu dapat digali sebuah nilai yang luar biasa. Bagi kita yang ingin mendapatkan lebih banyak inspirasi, membaca buku ini bisa menjadi salah satu pilihannya.

Kita tidak perlu berlama-lama membaca atau menghabiskan semua halaman dari buku ini. Kita dapat memilih momen-momen mana yang kita inginkan dapatkan inspirasinya. Dari lima momen yang ditawarkan buku ini ada 50 kisah lebih yang dapat kita pilih. Kita cukup membaca satu halaman kisah dalam waktu satu menit dan dapatkan inspirasinya. Dengan meluangkan satu menit waktu untuk membaca, kita dapat memperoleh inspirasi yang dapat mengubah hidup kita ke depan atau inspirasi dapat menjadi instrospeksi diri kita sehingga bisa menjadi lebih baik.

Bagi pendengar Radio Pelita Kasih dan pembaca Inspirasi, buku ini tentu memiliki kedekatan yang lebih intens. Karena sang penulis, Alex Japalatu adalah redaktur majalah Inspirasi dan pengasuh Momen Inspirasi di Radio Pelita Kasih. Kisah-kisah dalam buku ini pernah disiarkan secara langsung dan beberapa sudah dipublikasikan dalam majalah Inspirasi.

Buku ini Momen Inspirasi ini dapat dibaca oleh siapa saja, baik anak muda maupun orang dewasa. Nilai-nilai yang terkandung di dalamnya juga cukup universal sehingga siapa pun dapat menggali inspirasi dalam buku ini.

Inspirasi memang dapat diperoleh di mana saja dan pada situasi apa saja. Namun jika kita bisa mendapatkan inspirasi setiap saat dengan waktu yang sangat singkat melalui buku ini, kenapa tidak kita lakukan. Dapatkan inspirasinya dan ubah hidup menjadi lebih baik.

Paskalina Oktavianawati